Zakat tanpa potangan amil, Zakat Maal, Zakat Mal, Zakat Harta, Zakat Profesi, Panti Asuhan , rumah zakat, Bazis, Yayasan Yatim Piatu

Artikel dan Dakwah

Pentingnya Pendidikan Shalat Dalam Islam

Posted at June 16, 2011 | By : | Categories : Artikel dan Dakwah | 0 Comment

Abdullah Saleh Hadrami

“Allah Ta?ala berfirman: ?Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rizki kepadamu, Kamilah yang memberi rizki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu bagi orang yang bertakwa.? ” (QS. Thaahaa: 132).

Kandungan Ayat:

  1. Diwajibkan atas kepala rumah tangga untuk memerintahkan kepada keluarganya agar mendirikan shalat.
  2. Ayat ini adalah dalil bahwa orang tua (bapak ibu) wajib mengajarkan kepada anak-anaknya ilmu shalat.
  3. Rasulullah ?Shallallahu ?Alaihi Wa ?Ala Alihi Wa Sallam bersabda: ?Perintahlah anak-anakmu untuk mengerjakan shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka apabila tidak mau mengerjakannya ketika mereka telah berusia sepuluh tahun?. (HR. Ahmad, Abu Dawud dll dengan sanad hasan sahih).
  4. Shalat adalah ibadah yang mencakup segala macam dan bentuk ibadah.
  5. Shalat adalah parameter baik dan buruknya seseorang.
  6. Apabila seseorang telah mendirikan shalat dengan benar sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah ?Shallallahu ?Alaihi Wa ?Ala Alihi Wa Sallam pasti ia menjadi orang yang disiplin dan taat dalam segala hal.
  7. Apabila seseorang telah menyia-nyiakan shalat maka yang lainnya pasti lebih ia sia-siakan.
  8. Para orang tua (bapak ibu) harus bersabar dalam mendidik anaknya terutama pendidikan shalat, mengingat demikian pentingnya masalah shalat ini.
  9. Apabila kita sekeluarga telah mendirikan shalat dengan benar pasti Allah Ta?ala memberikan rizkiNya kepada kita dari arah yang tiada kita duga. ?Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah pasti Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.? (QS. Ath-Thalaaq: 2-3).
  10. Orang yang bertakwa adalah orang yang sukses di dunia dan di akhirat.